Kiat Memilih Bahan Ajar – (Bag. 2)

6 08 2007

Pengertian Bahan Ajar
Bahan ajar atau materi pembelajaran secara garis besar terdiri dari : pengetahuan, keterampilan, sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara rinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari :
1. Pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur)
2. Keterampilan
3. Sikap atau nilai

Termasuk materi fakta adalah nama-nama obyek, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, dsb. (Ibukota RI adalah Jakarta, Negara RI merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, Presiden RI yang ke-4 adalah Abdurrahman Wahid)

Termasuk materi konsep adalah pengertian, difinisi, cirri khusus, komponen atau bagian suatu obyek. (Kursi adalah tempat duduk berkaki empat, ada sandaran dan ada lengannya)

Termasuk materi prinsip adalah dalil, rumus, adagium, teorema atau hubungan antar konsep yang menggambarkan “jika ….. maka …. ” (jika logam dipanaskan maka akan memuai, rumus menghitung luas bujur sangkar adalah sisi kali sisi)

Materi jenis prosedur adalah materi yang berkenaan dengan langkah-langkah secara sistematis atau berurutan dalam mengerjakan suatu tugas (langkah-langkah mengoperasikan komputer, cara menyetel televisi)

Materi sikap (afektif) adalah materi yang berkenaan dengan sikap atau nilai, misalnya kejujuran, kasih saying, tolong menolong, semangat dan minat belajar, semangat bekerja, dsb.

Oleh : Gunawan, A.Ma.Pd. (Kepala Sekolah SD Harapan Mulia)
Disampaikan pada pertemuan Guru SD Harapan Mulia, tanggal 4 Agustus 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: