Kiat Memilih Bahan Ajar – (Bag. 5)

6 08 2007

Strategi Penyampaian Bahan Ajar

1. Strategi urutan penyampaian simultan
Jika guru harus menyampaikan materi pembelajaran lebih daripada satu, maka menurut strategi urutan penyampaian simultan, materi secara keseluruhan disajikan secara serentak, baru kemudian diperdalam satu demi satu (metode global). Misalnya guru akan mengajarkan materi Rukun Islam. Mula-mula guru menyajikan kelima rukun sekaligus, kemudian setiap rukun disajikan secara mendalam

2. Strategi urutan penyampaian suksesif
Jika guru menyampaikan materi pembelajaran lebih daripada satu, maka menurut strategi urutan penyampaian suksesif, sebuah materi satu demi satu disajikan secara mendalam baru kemudian secara berurutan menyajikan materi berikutnya secara mendalam pula

3. Strategi penyampaian fakta
Jika guru menyajikan materi pembelajaran termasuk jenis fakta (nama benda, nama tempat, sejarah, nama orang, nama lambing atau symbol, dsb) strategi yang digunakan untuk mengajarkan materi tersebut adalah sebagai berikut :
– Sajikan materi fakta dengan lisan, tulisan, atau gambar
– Berikan bantuan kepada siswa untuk menghafal. Bantuan diberikan dalam bentuk penyampaian secara bermakna, menggunakan jembatan ingatan /jembatan keledai
Contoh penggunaan jembatan keledai / jembatan ingatan, misalnya :
PAO-HOA (Panas April – Oktober, Hujan Oktober – April)
Untuk menghafal nama-nama bulan berumur 30 hari digunakan AJUSENO (April, Juni, September, Nopember)

4. Strategi penyampaian materi pembelajaran prinsip
Termasuk materi pembelajaran jenis prinsip adalah dalil, rumus, hukum, dsb. Langkah-langkah mengajarkan materi pembelajaran jenis prinsip adalah :
– Sajikan prinsip
– Berikan bantuan berupa contoh penerapan prinsip
– Berikan soal-soal latihan
– Berikan umpan balik
– Berikan tes

Contoh :
Cara mengajarkan rumus menghitung luas bujur sangkar dengan tujuan siswa mampu menerapkan rumus tersebut.

Langkah 1 : sajikan rumus
Rumus menghitung luas bujur sangkar adalah sisi x sisi atau sisi kuadrat

Langkah 2 : memberikan bantuan
Berikan bantuan cara menghafal rumus dilengkapi contoh penerapan rumus menghitung luas bujur sangkar. Misalnya sebuah karton berbentuk bujur sangkar panjang sisinya 30 cm
Rumus : Luas bujur sangkar sisi x sisi
Luas karton adalah 30 cm x 30 cm = 900 cm2

Langkah 3 : memberikan latihan
Berikan soal-soal serupa dengan merubah bilangannya. Misalnya sisi karton 40 cm, 25 cm, dsb.

Langkah 4 : memberikan umpan balik
Beritahukan kepada siswa apakah jawaban mereka betul atau salah. Jika betul berikan penguatan, misalnya “Ya jawabanmu betul”. Jika salah berikan koreksi pembetulan

Langkah 5 : berikan tes
Berikan soal tes secukupnya menggunakan benda dengan panjang sisi yang berbeda pula. Misalnya:
– Sebuah ubin marmer berbentuk bujur sangkar dengan panjang sisinya 50 cm. hitunglah luas ubin itu?
– Sebuah papan berbentuk bujur sangkar, panjang sisinya 35 cm. Berapakah luas papan itu?

Pengayaan
Lantai sebuah ruangan ditutupi 20 buah keramik berbentuk bujur sangkar yang panjang sisinya 30 cm. Berapakah luas lantai ruang tersebut?

Oleh : Gunawan, A.Ma.Pd. (Kepala Sekolah SD Harapan Mulia)
Disampaikan pada pertemuan Guru SD Harapan Mulia, tanggal 4 Agustus 2007


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: