Imunisasi Campak

21 10 2010

Imunisasi campak, Alhamdulillah team UKS Harapan mulia sudah melaksanakan imunisasi campak pada anak kelas satu sekolah dasar Harapan Mulia, yang dilaksanakan di Sekolah Harapan Mulia oleh Ibu Sri Handayani, Amd.Kep sebagai petugas UKS Harapan Mulia.

Ibu Sri menjelaskan bahwa sebenarnya bayi sudah mendapatkan kekebalan campak dari ibunya. Namun seiring bertambahnya usia, antibodi dari ibunya semakin menurun sehingga butuh antibodi tambahan lewat pemberian vaksin campak. Apalagi penyakit campak mudah menular, dan mereka yang daya tahan tubuhnya lemah gampang sekali terserang penyakit yang disebabkan virus Morbili ini. Untungnya campak hanya diderita sekali seumur hidup. Jadi, sekali terkena campak, setelah itu biasanya tak akan terkena lagi.

Usia dan Jumlah Pemberian

Sebanyak 2 kali; 1 kali di usia 9 bulan, 1 kali di usia 6 tahun. Dianjurkan, pemberian campak ke-1 sesuai jadwal. Selain karena antibodi dari ibu sudah menurun di usia 9 bulan, penyakit campak umumnya menyerang anak usia balita. Jika sampai 12 bulan belum mendapatkan imunisasi campak, maka pada usia 12 bulan harus diimunisasi MMR (Measles Mump Rubella).

Efek Samping

Umumnya tidak ada. Pada beberapa anak, bisa menyebabkan demam dan diare, namun kasusnya sangat kecil. Biasanya demam berlangsung seminggu. Kadang juga terdapat efek kemerahan mirip campak selama 3 hari.

Program UKS Harapan Mulia selanjutnya adalah Imunisasi Tetanus Toksoid pada anak kelas satu dan kelas dua. Pelaksanaannya insya Allah bulan depan.

Kemudian pemeriksaan rutin pada anak-anak PG-TK-SD-SMP-SMA Harapan Mulia pelaksanaannya satu bulan sekali. Pemeriksaannya terdiri dari mengukur berat badan, tinggi badan, dan khusus pada jenjang Playgroup (PG) ada pemeriksaan mengukur lingkar kepala.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: