Seminar Pendidikan

11 04 2011

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan dalam Meningkatkan Moral Anak Bangsa
Bersama : Prof. DR. H. Arief Rachman, M.Pd
Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO
Guru Besar Universitas Negeri Jakarta

Fungsi Pendidikan
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
(UU Sisdiknas pasal3)

Pemahaman mengenai Sukses Pendidikan
Pendidikan yang sukses adalah pendidikan
yang mampu mengantarkan anak menjadi:
1. Bertaqwa
2. Berkepribadian matang
3. Berilmu mutakhir dan berprestasi
4. Mempunyai rasa kebangsaan
5. Berwawasan global

Proses pembelajaran menurut PP No. 19 Tahun 2005
 Proses pembelajaran diselenggarakan sedemikian rupa sehingga terasa hidup, memotivasi, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.
 Dalam proses pembelajaran, pendidik memberikan keteladanan.

Kompetensi Guru
 Guru harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
 Kompetensi akademik adalah kompetensi keilmuan yang dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat keahlian yang relevan.
 Kompetensi sebagai agen pembelajaran meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial sesuai Standar Nasional Pendidikan.

Perbedaan Pendekatan Kurikulum
Fungsional
1. Behavior approach
2. Set criteria of success/ failure
3. Fixed objectives
4. Structured
5. Koginitif, measurable, pragmatic.
6. Rigid

Kontekstual
1. Discovery open result
2. Intrinsic value
3. Individual target oriented
4. Social, emotional, kognitif.
5. Unpredictable
6. flexible

Dampak dari Pendekatan Kurikulum Pembelajaran
Fungsional
1. Kejenuhan/Kebosanan
2. Frustasi
3. Menyesal
4. Moral yang rendah

Kontekstual
1. Kebebasan yang penuh
2. Hubungan yang baik
3. Menyenangkan/fun
4. Emosional, sosial, emphatic, dan kognitif terlayani

Kenali Ragam Potensi Kecerdasan Anak
1. Potensi Spiritual
 Mampu menghadirkan Tuhan/Keimanan dalam setiap aktifitas.
 Kegemaran berbuat untuk Allah.
 Disiplin Beribadah
 Sabar berupaya
 Berterima kasih/bersyukur atas pemberian Tuhan kepada kita.

2. Potensi Perasaan
 Mengendalikan emosi
 Mengerti perasaan orang lain
 Senang bekerjasama
 Menunda kepuasan sesaat
 Berkepribadian stabil

3. Potensi Akal
 Kemampuan berhitung
 Kemampuan Verbal
 Kemamuan spasial
 Kemampuan Membedakan
 Kemampuan membuat daftar prioritas.

4. Potensi Sosial
1. Senang berkomunikasi
2. Senang menolong
3. Senang berteman
4. Senang membuat orang lain senang
5. Senang bekerjsama

5. Potensi Jasmani

 Sehat secara medis
 Tahan cuaca
 Tahan bekerja keras

Kecenderungan Sikap
Tidak Stabil
Sangat Murung Tegang Tidak Bersemangat Penuh perhitungan Kaku Dingin Pendiam Pasif Perasa Tidak Tenang Agresif Negatif Berubah-ubah
Stabil
Hati-hati Tenggang Rasa Damai Terkendali Dapat dipercaya Emosi Seimbang Optimis Aktif Bermasyarakat Orientasi Bergembira Pemimpin Merdeka Fleksibel/Memahami Perbedaan Senang Berkomunikasi

Intellectual Virtues
Intellectual Empathy
Intellectual Autonomy
Intellectual Integrity
Intellectual Humility
Intellectual Sense of Justice
Intellectual Perseverance
Intellectual Confidence in Reason
Intellectual Courage

Watak yang penting untuk dikembangkan
1. Bertaqwa
2. Fleksibel (flexible)
3. Keterbukaan (open)
4. Ketegasan (decisive)
5. Berencana (organize)
6. Mandiri (independence)
7. Toleransi (tolerate)
8. Disiplin (discipline)
9. Berani ambil resiko (Risk taker)
10. Sportif (Sportive)
11. Setia kawan (loyalty)
12. Integritas (integrity)
13. Orientasi masa depan-penyelesaian tugas (Future oriented)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: