Sutera Sari Segara

12 04 2011

Siswa-Sisiwi SD Harapan Mulia melaksanakan Fieldtrip di semester genap pada tanggal 11 dan 12 April 2011 ke Agro Wisata Budi Daya Ulat Sutera di Banjar Lateng, Sibang Kaja, Abian Semal, Badung. Siswa-Siswi dibagi menjadi dua kelompok keberangkatan yaitu pada tanggal 11 terdiri dari kelas IV dan V, dan pada tanggal 12 terdiri dari kelas I, II, dan III. Kegiatan Fieldtrip ini didampingi oleh Kepala Sekolah Dasar Harapan Mulia, Drs. Benny Suwarji, dan para wali kelas beserta guru-guru sekolah dasar Harapan Mulia.

Sutera Sari Segara adalah usaha kepariwisataan yang termasuk dalam objek argowisata di Bali. Pembudidayaan Sutera Sari Segara yang berlokasi di Sibangkaja adalah salah satu bidudaya ulat sutera di Indonesia yang memberikan pengetahuan tentang proses pengembangan ulat sutera.

Pembudidayaan ulat sutera bertujuan untuk menghasilkan bennag sutera sebagai bahan sandang. Disini kita dapat mengetahui proses budidaya ulat sutera, budidaya tanaman murbei, pemeliharaan ulat hingga proses pembuatan benang sekaligus menenun kain sutera sehingga menjadi kain sutera yang berkualitas tinggi.

Sutera Sari Segara menyuguhkan tour yang didampingi seorang pemandu untuk memberikan informasi kepada pengunjung. Rangkaian tour dimulai dari penjelasan singkat tentang budidaya ulat sutera, dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

Siswa-siswi SD dapat mengamati mempelajari proses perkembangan ulat sutera, dari penetasan telur menjadi ulat kecil lalu membesar dan mengalami peruses metamorfosa atau pergantian kulit bertahap hingga empat kali. Proses dari penanaman murbei. Kemudian mengamati Kokon atau kepompong ulat sutera yang indah. Kokon akan diperoses di Sutera Sari Segara sehingga menjadi benang yang kuat dan Indah, sehingga siap untuk ditenun menjadi kain sutera yang berkualitas tinggi.

Kita secara langsung dapat menyaksikan proses penenunan benang sutera dengan ATBM (alat tenun bukan mesin). Selain menenun kita dapat melihat pemandangan (Haiking ) disana, keliling area budidaya ulat sutera. Kemudian kita juga dapat mencoba membatik secara tradisional dan menghasilkan motif batik sesuai keinginan kita.

Alhamdulillah Fieldtrip ini berjalan lancar, semoga kita dapat pengetahuan dan pengalaman serta berguna bagi anak-anak kita dan guru-guru Sekolah Dasar Harapan Mulia.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: