OUTING 2011

9 06 2011

Outing 2011, Dipengujung tahun ajaran 2010-2011 Sekolah Harapan Mulia dari divisi PG-TK-SD-SMP-SMA melaksanakan outing kedua tempat yang berbeda. Divisi PG-TK ke Kebun Raya Bedugul pada hari Sabtu tanggal 6 Juni 2011, Divisi SD ke New Kuta Green Park pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2011, Divisi SMP-SMA ke New Kuta Green Park pada hari sabtu tanggal 1 Juni 2011.

Anak-anak pada prinsipnya membutuhkan aktifitas yang memiliki manfaat dan juga bersifat “fun and refresh” di sela-sela aktifitas kegiatan belajar mengajar. Aktifitas dibutuhkan untuk melepas ketegangan atau kejenuhan. Program fun and educational activities yang kami sediakan bukan hanya memberikan solusi terhadap kebutuhan tersebut namun juga memberikan nilai lebih kepada pesertanya dengan memasukkan nilai-nilai pembelajaran (edukasi) dalam aktifiitas yang kami kemas dalam bentuk kegiatan Outing.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari penerapan outing program. Pertama, siswa merasa having fun. Anak usia playgroup dan TK umumnya aktif dan tidak bisa duduk manis untuk terus mengikuti pelajaran. Namun, mereka mudah menangkap apa yang mereka lihat dengan mata dan mengingatnya untuk jangka waktu lama.

Kedua, perjalanan dengan bus memberikan pengalaman tersendiri bagi siswa. Mereka bisa merasakan situasi bersosialisasi dengan teman-temannya dan mengenal jenis transportasi. Itu bisa dihubungkan dengan tema transportasi. Sebab, sepanjang perjalanan, mereka dapat melihat berbagai jenis kendaraan.

Ketiga, siswa yang diajak menikmati situasi baru akan memperoleh kesan dan kenangan tersendiri. Mereka akan punya cerita baru untuk disampaikan kepada teman atau saudara.

Keempat, siswa yang mendapat kebahagiaan dengan bepergian akan semakin antusias dalam belajar. Mereka akan menanti pelajaran apa lagi yang akan diberikan dan kira-kira akan diajak ke mana untuk menyaksikan apa.

Tentu, bila ditelusuri, ada berbagai manfaat lain yang tak dapat dituliskan semua. Yang perlu disadari para pendidik dan sekolah adalah bahwa outing menawarkan banyak manfaat kepada siswa, baik secara fisik maupun psikis.

Kehidupan yang menggembirakan akan membuat seseorang antusias dalam menghadapi sesuatu. Karena itu, outing diperlukan untuk menyemangati seseorang ke sekolah dan menikmati belajar yang sesungguhnya, bukan hanya teori yang tertera di buku dan diterangkan di kelas.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: