Ayo Mengasah Ilmu

27 10 2011

Siswa kelas I sampai kelas IV SD Harapan Mulia melaksnakan kegiatan Field trip ke Museum Gunung Api Batur – Kintamani – Bangli, memperkenalkan kepada siswa-siswi proses gempa, dampak gempa bagi kehidupan kita dan alam. Tempat kedua ke Madu Pertiwi Agro Spices, memperkenalkan tumbuhan-tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. dan terakhir ke Masjid Sanur. Alhamdulillah lancar dan Anak-anak Senang. Mudah-mudahan bermanfaat.

Field trip merupakan pesiar (ekskursi) yang digunakan oleh para peserta didik untuk melengkapi pengalaman belajar tertentu dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Dengan field trip sebagai metode belajar mengajar anak didik dibawah bimbingan guru mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan maksud untuk belajar. Hal ini sangat sesuai untuk meningkatkan pembelajaran menulis deskripsi karena dengan mendekatkan objek belajar dengan siswa akan lebih memudahkan siswa untuk menuangkan ide-ide kedalam tulisan.

Dengan melaksanakan field trip diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang serta dapat bertanggung jawab. Mungkin dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapi dalam pembelajaran. Selain itu dengan metode ini akan membuat siswa lebih nyaman dan senang ketika pembelajaran berlangsung dan dapat melatih siswa untuk menggunakan waktu secara efektif.

Yayasan Harapan Mulia merupakan salah satu sekolah yang peduli akan kebutuhan para peserta didiknya dalam pengembangan diri untuk menjadi pribadi yang mandiri dan cerdas.

Kegiatan Field trip bertujuan untuk :
1. Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, ditandai dengan timbulnya keaktifan siswa (semangat, motivasi, minat) dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis. Keaktifan siswa dalam pembelajaran meliputi aktif bertanya maupun memberikan tanggapan, aktif mengerjakan tugas serta menjawab pertanyaan guru.
2. Untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran
3. Mengembangkan potensi
4. Menggali potensi peserta didik.
*rjl


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: